Amankah Mesin Sepeda Motor Jikalau Sering Ganti Brand Oli

Berdasarkan pengalaman pribadi motor aku juga sering ganti brand oli mesin alasannya yaitu langganan bengkel aku selalu berubah. Pertanyaan ini muncul di benak aku " Aman ga ya motor kalau sering ganti brand oli?" Akhirnya untuk menjawab pertanyaan ini aku mencari warta di internet dan risikonya ketemulah jawabannya.

Ganti oli mesin motor memang perlu untuk menjaga performa komponen mesin tetap baik. (walaupun aku bukan anak teknik mesin tau lah sedikit-sedikit) Namun, yg menjadi dilema yaitu apakah tidak apa-apa bila kita sering gonta ganti brand oli? Jawabannya tidak masalah. 

pribadi motor aku juga sering ganti brand oli mesin alasannya yaitu langganan bengkel aku selalu be Amankah Mesin Sepeda Motor Bila Sering Ganti Merk Oli

Alasannya? Sebab fungsi oli yaitu untuk membersihkan mesin, medinginkan sekaligus sebagai pelumas mesin. Semua oli yg di jual di bengkel mempunyai stadard SNI (unit resmi) sehingga dapat dipakai sesuai spek motor yg kita pakai. Misalkan motor metik dan motor angsa mempunyai spek oli yg berbeda.

Berdasarkan hasil tanya jawab dengan tukang bengkel, mereka juga tidak mempermasalahkan kalau kita sering ganti brand oli, bahkan di suatu media digital juga menjelaskan kalau sering ganti brand oli itu tidak masalah, yg menjadi dilema yaitu kalau mesin tidak di beri oli sesusai kapasitasnya akan menyebabkan komponen mesin cepet rusak.

Kesimpul ya tidak apa-apa kita ganti brand oli, namun ada baiknya kalau kita konsisten pada satu merk. Alasannya untuk menjaga kualitas oli mesin tetap baik, lantaran bila kita ganti oli yg lainnya kita tidak tahu apakah oli yg gres kita gunakan cocok dengan mesin motor kita. 

Artikel Terkait