Berjemur Di Pagi Hari Bisa Kurangi Resiko Kanker Kulit

Advertisement

Kegiatan berjemur yang benar nyatanya dapat berikan keuntungan pada tubuh kita. didalam sebagian artikel pada mulanya juga sudah dijelaskan bahwa berjemur dapat menghindar resiko stroke isekemik serta bisa menambah vit. d yang dapat menyebabkan kecerdasan otak.

Kurangi Resiko Kanker Kulit

Sesaat itu, berjemur dibawah cahaya matahari kerap dikait-kaitkan dengan penyakit kanker kulit. lantas kapan waktu yang pas apabila kita pingin berjemur ? 

Menurut beberapa pakar, berjemur di siang atau sore hari dapat menambah efek terkena penyakit kanker kulit. sebaliknya, efek diserang penyakit ini dapat sedikit menyusut jika kita beraktivitas berjemur pada pagi hari.

Di dalam tubuh terdapat protein bernama XPA yang bertugas untuk memperbaiki DNA yang rusak akibat ultraviolet pada sinar matahari. Kadar XPA mencapai jumlah yang cukup besar dan sangat aktif di pagi hari, terutama saat jam 7 pagi.

Jumlah dan keaktifan XPA dalam memperbaiki DNA yang rusak ini akan terus menurun ketika siang tiba. Jadi bisa Anda bayangkan, apabila Anda berjemur di siang atau bahkan sore hari, kulit Anda akan rusak tanpa ada XPA yang bisa memperbaiki. Inilah mengapa berjemur di pagi hari lebih aman dari resiko kanker kulit daripada berjemur di siang atau sore hari.

Semua ini berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap seekor tikus. Tikus yang terkena ultraviolet di pagi hari ternyata memiliki resiko terserang kanker kulit hingga lima kali lipat. Menurut para ahli, jam biologis pada tikus berkebalikan dengan manusia. Jadi apabila tikus lebih rentan terkena kanker kulit saat berjemur di pagi hari dibandingkan sore hari, maka manusia adalah kebalikannya.

Walau demikian, dr. kat arney dari cancer research uk mengungkap bahwa seluruh temuan tersebut belum tentu dikarenakan penelitian ini tetap belum diujicobakan pada manusia. ia tidak paham tentu apakah penelitian ini juga dapat membuahkan suatu hal yang positif untuk manusia. 

“Kami tetap lebih merekomendasikan supaya anda tidak berjemur di waktu kapanpun untuk kurangi efek terkena kanker kulit, ” kata dr. kat arney layaknya diambil sidomi news dari telegraph.
Advertisement