Kepribadian Dapat Pengaruhi Berat Badan Seseorang

Advertisement

Apakah tipe kepribadian Anda? Apakah Anda tipe orang yang disiplin dan tertib, atau malah tipe manja dan impulsif? Sebuah penelitian yang dari National Institute of Health menunjukkan bahwa kepribadian sangat mempengaruhi berat badan seseorang.


Menurut penelitian, faktor utama terjadinya obesitas-makanan dan gaya hidup tak sehat-dapat menyebabkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, jenis kanker tertentu, arthritis, hingga masalah psikologis (misalnya rendahnya kepercayaan diri) dan secara signifikan memperpendek usia hidup.

Karena berat badan bisa mewakili gaya hidup, para peneliti lantas memperkirakan bahwa kepribadian dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mempertahankan berat badannya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 1.000 orang selama 50 tahun, kepribadian impulsif cenderung mengalami kelebihan berat badan dan obesitas, sementara orang yang berkepribadian disiplin cenderung lebih memiliki berat badan normal.

Peneliti menduga orang yang berkpribadian disiplin selalu taat melakukan diet sehat dan menyusun jadwal rencana olahraga, sementara orang yang impulsif cenderung mudah menyerah pada godaan, baik makanan ataupun alkohol.

Peneliti berharap dengan hasil penelitian ini diharapkan ada cara-cara terbaru dalam mengatur dan menurunkan berat badan. Misalnya, orang dengan impulsif tinggi dan ketelitian rendah bisa belajar dari orang yang disiplin untuk program penurunan berat badan yang sehat.
Advertisement