Kacang Kenari Sebagai Antioksidan Tertinggi

Advertisement

Kacang kenari dikenal sebagai pelengkap kue, juga bermanfaat bagi tubuh. Para ilmuwan menemukan bahwa kenari merupakan kacang yang paling baik dan sehat untuk dikonsumsi karena mengandung Antioksidan tertinggi.
Penelitian yang dilakukan oleh Joe Vinson, Ph.D dari University of Scranton, menunjukkan dari sembilan kacang yang diteliti, kacang kenari menjadi kacang dengan antioksidan paling tinggi.

"Peringkat kenari berada di atas bila dibandingkan dengan kacang Brazil, pistachio, pecan, kacang tanah, almond, makademia, kacang mede dan hazelnut, " ungkap Dr.Vinson.

Kacang kenari mengandung kadar tinggi akan polifenol, sebuah antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari molekul-molekul yang dapat merusak jaringan. Sementara, kacang Brazil dan pistachio mengandung polifenol lebih sedikit dibanding kenari. Kacang mede dan hazelnut mengandung antioksidan dengan tingkat paling rendah.

Antioksidan dalam kenari mentah mengandung 15 kali lebih besar manfaatnya dibandingkan vitamin E, yang bisa melindungi tubuh menghadapi kerusakan alami kimiawi. Kacang mede yang dipanggang terdiri dari dua kali kandungan vitamin E.

Dr Vinson juga mengatakan bahwa banyak orang yang memilih untuk tidak mengonsumsi kacang karena menganggap kacang makanan tak sehat.

"Kacang mengandung serat yang tinggi, kadar lemak jenuh yang rendah, lemak tidak jenuh yang tinggi, dan antioksidan yang amat banyak. Kacang-kacangan adalah cemilan bernutrisi dan antioksidan bioaktifnya memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi konsumen," tambahnya.

Meskipun begitu, Dr Vinson mengingatkan masyarakat bahwa hanya boleh mengonsumsi kenari dalam porsi kecil, yakni tujuh butir kacang kenari setiap hari. 
Advertisement